Pereda Nyeri Haid

11 Tips Pereda Nyeri Haid Paling Manjur

Tips ampuh pereda nyeri haid di bawah ini bisa Anda praktikkan ketika siklus haid datang. Meskipun datang setiap bulan secara rutin, para wanita masih belum terbiasa dengan nyerinya haid yang mendera parut bagian bawah. Lepasnya sel telur dari ovum memang menyebabkan nyeri pada perut dan mood yang naik turun secara menyebalkan.

Makanya tidak ada yang berani mengganggu wanita saat tamu bulanan datang, karena pada saat itu mereka sedang tidak menjadi diri mereka sendiri. Meskipun terkesan bercanda, hal ini memang benar-benar terjadi. Nah, khusus untuk para wanita, di bawah ini akan kami ulas tips ampuh yang bisa Anda lakukan untuk meredakan nyeri haid yang menyerang setiap bulan.

Tips Pereda Nyeri Haid Paling Manjur

Pereda Nyeri Haid
Health.ID

Olahraga Ringan

Olahraga saat haid? Kenapa tidak? Jangan salah, olahraga saat haid memang bisa meredakan nyeri akibat luruhnya sel telur dari indung telur. Namun bukan olahraga berat semisal kardio ya, tapi lebih ke olahraga ringan yang tidak membutuhkan gerak tubuh yang ekstra. Misalnya saja jogging ringan dan senam aerobik yang gerakannya tidak berlebihan.

Olahraga ringan memang ampuh karena bisa membantu mengendurkan otot dan meningkatkan pasokan darah ke daerah panggul. Selain olahraga juga bisa meningkatkan produktivitas hormon endorfin alami. Hormon endorfin adalah hormon pereda nyeri yang alami, akibatnya rasa nyeri haid dan kram di perut akan reda karena hormon prostaglandin akan berkurang efeknya.

Kompres Perut

Tips pereda nyeri haid yang ampuh berikutnya adalah mengompres perut dengan botol yang sudah terisi dengan air hangat. Jadi saat kram pada perut terasa menyakitkan, botol berasa air hangat tersebut ampuh untuk melemaskan otot rahim yang tegang sehingga nyeri dan sakit akan berkurang secara drastis. Ulangi sesering mungkin begitu nyeri pada perut muncul kembali.

Jangan lupa untuk membungkus botol berisi air hangat tersebut dengan waslap agar lebih nyaman. Jika tidak, Anda juga bisa mencoba mandi dengan air hangat, karena selain bisa merelaksasi pikiran, mandi dengan air hangat juga ampuh untuk mengurangi rasa nyeri yang menerjang. Dua cara dengan air hangat ini harus Anda coba karena memang ampuh plus tanpa efek samping.

Teh Chamomile

Anda juga bisa mencoba minum teh chamomile untuk meredakan nyeri haid dan kram pada perut. Jadi jika Anda belum pernah merasakan bagaimana enaknya teh chamomile ini, maka mulailah dari sekarang. Selain terkenal dengan kelezatannya, teh ini terbukti ampuh untuk meredakan nyeri haid dan melemaskan otot perut yang kram.

Bukan sekedar omong kosong belaka ya, karena semua sudah dibuktikan oleh studi yang diterbitkan oleh iranian Journal of Obstretrics, Gynecology, and Infertility. Jurnal tersebut menyebutkan bahwa teh chamomile mengandung senyawa hippurate yang ampuh melawan peradangan/nyeri, salah satunya adalah nyeri haid. Dengan senyawa ini, hormon prostaglandin penyebab nyeri bisa diminimalisir.

Akupuntur

Akupuntur adalah obat tradisional menggunakan media jarum, dimana jarum tersebut ditancapkan ke titik kulit tertentu untuk merangsang saraf di area tersebut. Akupuntur sudah terbukti ampuh untuk meredakan nyeri haid dan mengurangi efek yang disebabkan oleh kram perut.

Jika ingin menggunakan akupuntur sebagai pereda nyeri haid, maka jangan sembarang mendatangi jasa layanan akupuntur. Datangilah terapis akupuntur yang proesional agar keamanannya terjamin dan tidak terjadi malpraktik. Kita harus benar-benar waspada, karena tempat terapis yang tidak profesional bisa saja menggunakan jarum bekas pasien sebelumnya.

Konsumsi Makanan Pereda Nyeri Haid

Mengonsumsi makanan yang tepat juga bisa membantu Anda meredakan nyeri haid dan kram perut. Meski saat PMS dan haid wanita cenderung memiliki nafsu makan yang besar, namun tetap harus memperhatikan kandungan gizi dari makanan tersebut. Hindari makan makanan yang mengandung bahan kimia tinggi karena selain buruk bagi kesehatan, juga bisa memperburuk nyeri haid.

Jadi makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi waktu haid? Ketika haid, hendaknya Anda makan makanan yang mengandung Vitamin B6 karena ampuh mengurangi kembung di sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung boron seperti alpukat dan pisang juga tepat karena bisa meredakan nyeri. Jangan lupa juga untuk menjaga asupan zat besi, mangan, Vitamin E dll.

Minum Suplemen

Minum suplemen yang mengandung Vitamin D juga ampuh sebagai pereda nyeri haid. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Iran. Penelitian yang dimuat di jurnal Gynecological Endrocrinology menyebutkan bahwa suplemen yang mengandung Vitamin D ampuh untuk meminimalisit nyeri akibat haid.

Kesimpulan di atas didapatkan dari 60 wanita yang mengalami nyeri haid dan kekurangan asupan Vitamin D. Mereka diminta mengonsumsi 50.000 IU Vitamin D selama 8 minggu, dan hasilnya nyeri haid yang mereka rasakan berkurang secara drastis. Jadi, ketika sedang nyeri haid, tidak ada salahnya jika Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung Vitamin D.

Pijat dengan Essential Oil

Essential oil atau minyak esensial juga ampuh digunakan sebagai pereda nyeri haid. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengkombinasikan pijat dengan minyak esensial pada bagian tubuh tertentu sehingga nyeri akibat haid bisa berkurang secara drastis. Jangan lupa untuk meminta bantuan terapis yang profesional.

Jangan Merokok

Siapa sih wanita yang cukup cuek untuk merokok ketika haid? Jika memang ada, sebaiknya benar-benar menghentikannya karena bisa memperparah nyeri haid. Dari awal saja merokok sudah cukup buruk karena bisa merusak paru-paru dan jantung dan penyakit kronis lainnya.

Dalam kaitannya dengan haid, rokok bisa menghambat pasokan oksigen ke panggul, sehingga panggul akan berkurang asupan oksigennya. Imbasnya, nyeri akibat haid dan kram perut akan lebih lama efeknya. Oleh karena itu, hindari rokok ketika Anda sedang haid, atau lebih baik jika Anda tidak berhenti merokok sama sekali.

Kurangi Stres

Jangan pernah menganggap sepele stres karena jika dipelihara begitu saja bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kronis semisal diabetes dan jantung. Stres juga bisa memperparah nyeri dan kram pada perut akibat menstruasi, jadi sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa menyebabkan stres.

Namun, jika sudah terlanjur banyak pikiran dan stres, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan diri dari stres, misalnya saja nonton film, jalan santai, yoga bahkan hingga liburan. Lakukan juga teknik pernafasan yang baik jika stres menyerang, dijamin nyeri haid yang Anda rasakan akan berkurang karena beban pikiran sudah hilang.

Minum Banyak Air Putih

Minum air putih dengan cukup juga bisa menjadi pereda nyeri haid yang ampuh. Minum air putih bisa mencegah tubuh dehidrasi, yang mana bisa menyebabkan kram pada perut. Jadi selain bisa mencukupi asupan harian tubuh akan air, minum air putih juga bisa meminimalisir nyeri dan kram pada perut saat haid. Minum jus murni tanpa gula juga ampuh untuk melenyapkan nyeri akibat haid.

Demikianlah ulasan tentang tips pereda nyeri haid yang bisa Anda lakukan. Dengan melakukan tips di atas, Anda bisa bebas dari serangan nyeri haid sehingga bisa beraktivitas dengan normal sebagaimana biasanya.

Tinggalkan komentar