penyakit tukak lambung

Punya Penyakit Tukak Lambung? Atasi dengan Obat Cytotec

Pernah mendengar tentang penyakit tukak lambung? Mungkin bagi sebagian dari Anda masing cukup asing dengan penyakit yang menyerang lambung ini. Secara umum, tukak lambung sendiri merupakan sebuah luka yang muncul di dinding lambung karena terjadinya pengikisan pada lapisan lambung. Selain lambung, ternyata penyakit ini juga berpotensi pada lapisan usus kecil dan kerongkongan.

Lalu, adakah obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut? Bagi Anda yang mengalami masalah tukak lambung tidak perlu cemas karena ada banyak sekali obat yang terbukti dapat mengatasinya. Salah satu obat tersebut adalah Cycotec yang memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya, sebelumnya simak terlebih dahulu penjelasan tentang gejala dan penyebab tukak lambung berikut.

Mengenal Tentang Penyakit Tukak Lambung Beserta Gejalanya

Apa itu Tukak Lambung?

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, tukak lambung merupakan sebuah penyakit atau lebih tepatnya luka yang muncul pada dinding lambung. Adanya luka tersebut biasanya disebabkan karena terjadi pengikisan di bagian lapisan lambung. Jika tidak segera ditangani, luka tersebut dapat berpotensi muncul pada dinding usus kecil dan juga kerongkongan.

Meski jarang terjadi komplikasi akibat tukak lambung, namun Anda harus tetap waspada karena beberapa kasus pengidap bisa mengalami komplikasi yang membahayakan apabila tidak ditangani dengan tepat. Beberapa komplikasi yang umumnya disebabkan oleh tukak lambung seperti pendarahan dalam perut mulai dari ringan hingga parah, dinding lambung berlubang dan masih banyak lagi.

Lalu, apa saja faktor yang menyebabkan komplikasi penyakit tukak lambung? Biasanya usia pengidap dan penggunaan obat anti inflamasi akan memberikan risiko seseorang terkena komplikasi. Lansia yang berusia di atas 80 tahun memiliki risiko mengalami komplikasi tukak lambung yang tinggi. Jadi, apakah Anda sudah semakin tahu tentang apa itu tukak lambung?

Gejala Tukak Lambung

penyakit tukak lambung

Gejala umum yang seringkali dirasakan oleh penderita yang mengalami masalah tukak lambung yaitu terjadinya nyeri atau perih pada perut. Rasa sakit tersebut biasanya terjadi karena adanya iritasi akibat dari asam lambung yang membasahi luka. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa ulasan terkait gejala penyakit tukak lambung yang sering dirasakan oleh penderita, di antaranya yaitu:

  • Nyeri muncul pada malam hari
  • Rasa nyeri biasanya menyebar ke bagian leher sampai punggung
  • Kondisi semakin parah ketika perut dalam kondisi kosong
  • Umumnya rasa nyeri berkurang sementara saat mengkonsumsi makanan atau obat penurun asam lambung
  • Mudah sekali kambuh beberapa hari atau minggu kemudian

Penyebab Tukak Lambung

Sebenarnya apa penyebab penyakit tukak lambung? Bagi sebagian orang mungkin masih belum begitu jelas tentang penyebab utama penyakit yang menyerang lambung ini. Seperti yang diketahui, pada bagian dinding lambung umumnya dilapisi dengan selaput yang berfungsi untuk melindungi dari asam lambung.

Karena peningkatan kadar asam lambung dan juga penipisan selaput pelindung lambung tersebut dapat berpotensi memicu munculnya penyakit lambung ini. Selain itu, penyakit ini juga disebabkan oleh infeksi yang diakibatkan oleh bakteri H Pylori. Sementara ada juga pengidap yang menderita penyakit ini karena sering mengkonsumsi obat anti inflamasi dan jangka panjang.

Nah, di samping bakteri dan juga obat, penyakit ini juga disebabkan karena kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman keras. Rokok cenderung akan meningkatkan risiko tukak lambung pada orang yang telah terkena bakteri H Pylori. Sedangkan untuk minuman keras dapat menipiskan selaput pelindung dinding lambung sehingga dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Ketahui Efek Samping Obat Cytotec untuk Penyakit Tukak Lambung

Tentang Obat Cytotec

obat cytotec

Bagi Anda yang mengalami masalah lambung tentu sudah tidak asing dengan salah satu obat untuk lambung ini. Cytotec sendiri merupakan sebuah obat yang digunakan untuk mencegah penyakit tukak lambung yang diakibatkan mengkonsumsi obat NSAID. Beberapa contoh obat yang masuk dalam kategori NSAID yaitu aspirin, ibuprofen, naproxen dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui, obat cytotec ini tergolong obat keras sehingga dalam penggunaannya harus dibawah pengawasan oleh dokter. Untuk bisa mendapatkan obat ini, Anda harus menyertakan resep dari dokter. Jadi, pastikan jangan asal mengkonsumsi nya karena bisa membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Efek Samping Obat Cytotec

Seperti yang diketahui, setiap obat pada dasarnya pasti menimbulkan efek samping mulai dari yang ringan hingga berat. Namun, tidak perlu khawatir karena tidak semua orang dapat merasakan efek samping tersebut. Beberapa efek samping umum yang banyak sekali dikeluhkan oleh sejumlah orang setelah mengkonsumsi obat ini, yaitu:

  • Diare
  • Dispepsia
  • Mual dan muntah
  • Badan terasa lemas dan kurang bertenaga
  • Perut kembung
  • Sakit kepala ringan
  • Pendarahan Vagina
  • Ruam kemerahan
  • dan lain sebagainya

Jika Anda merasakan pendarahan hebat, sebaiknya untuk segera mencari pertolongan medis segera karena untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, sedangkan untuk reaksi alergi yang umum dirasakan setelah mengkonsumsi obat Cytotec yaitu:

  • Bengkak pada area wajah, lidah dan tenggorokan
  • Kepala pusing
  • Gatal-gatal di kulit
  • Dan kesulitan dalam bernapas

Penggunaan Obat Cytotec

Bagaimana cara penggunaan obat cytotec untuk penyakit tukak lambung? Untuk mencegah penyakit lambung ini, biasanya dokter menyarankan untuk mengkonsumsi 4 kali dalam sehari yakni setelah makan dan sebelum tidur. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengurangi efek diare.

Perlu diingat, dosis pada obat Cytotec ini berbeda-beda pada setiap orang sesuai dengan kondisi kesehatan dan juga respon pasien terhadap pengobatan tersebut. Oleh karenanya, para penderita tidak dianjurkan untuk memberikan obat Cytotec yang ia miliki untuk penderita lainnya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari obat ini, disarankan untuk meminum obat ini secara teratur sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh dokter. Agar tidak salah, sebaiknya Anda perlu mencatat jadwal minum obat di sebuah buku catatan khusus atau membuat pengingat di ponsel. Selama mengkonsumsi obat ini, sebaiknya untuk menghindari minum obat antasida.

Namun, jika memang obat antasida tersebut perlu untuk dikonsumsi maka sebaiknya untuk segera mengonsultasikan kepada dokter spesialis untuk mendapatkan pengarahan yang tepat. Dengan mengikuti arahan dokter, tentu saja masalah penyakit tukak lambung yang Anda alami dapat sembuh dengan cepat.

Penyimpanan Obat Cytotec

Untuk menyimpan obat Cytotec ini disarankan untuk ditempat pada suhu ruangan. Pastikan untuk menjauhkan dari paparan cahaya secara langsung dan juga tempat lembap. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat aturan penyimpanan pada kemasan produk atau menanyakan langsung pada pihak apoteker. Dengan menyimpan obat ini sesuai anjuran, khasiat yang terkandung di dalamnya tidak akan hilang.

Itulah beberapa ulasan singkat tentang penyakit tukak lambung beserta obat-obatan yang dapat menyembuhkannya. Nah, segera hubungi dokter jika Anda mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas. Penanganan yang yang cepat dan tepat akan meminimalisir komplikasi yang dapat membuat penyakit tersebut semakin parah. Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu!

Tinggalkan komentar