dosis cytotec

Penggunaan Dosis Cytotec Secara Pas dan Tepat

Cytotec merupakan obat dengan manfaat utama untuk menyembuhkan sakit tukak lambung. Agar proses penyembuhannya bisa berjalan lancar pasien harus menggunakan dosis cytotec tersebut secara tepat sesuai resep dari dokter. Apalagi mengingat bahwa obat ini seringkali memunculkan beberapa efek samping saat dikonsumsi.

Metode penggunaan

penggunaan

Untuk menyembuhkan tukak lambung, pada umumnya pasien diminta minum cytotec sebanyak 4 kali sehari sesudah makan dan ketika mau berangkat tidur. Tujuannya agar resiko efek sampingnya yaitu diare dapat diminimalkan.

Meski biasanya dokter memberi obat dengan dosis 4 kali sehari, hal ini juga selalu disesuaikan dengan kesehatan atau kondisi dan respon tubuh ketika mengkonsumsinya. Berdasarkan hal ini, pasien dilarang memberikan obat cytotec pada orang lain meski memiliki keluhan dan gejala yang sama.

Obat ini harus diminum secara teratur dengan jadwal dan waktu yang sama. Sehingga proses penyembuhan dapat berjalan dengan optimal. Karena itu tidak jarang dokter menyuruh membuat catatan khusus sebagai pengingat.

Selain itu selama mengkonsumsi obat tukak lambung cytotec, harus menghindari obat antasida yang memiliki kandungan magnesium karena bisa mengakibatkan diare yang lebih parah. Apabila mempunyai penyakit lain yang mengharuskan minum antasida, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Kemudian apabila kondisi tubuh tidak mengalami perubahan dan perbaikan, juga harus secepatnya berkunjung lagi ke dokter untuk pemeriksaan ulang. Biasanya dosisnya akan dirubah agar menjadi lebih aman dan cepat sembuh.  

Secara prinsip, apapun jenisnya setiap penggunaan obat memang harus ditanyakan ke dokter lebih dulu. Meski dalam kemasannya selalu tertera metode untuk mengkonsumsinya, tetapi langkah ini tetap diperlukan agar terhindar dari kesalahan.

Metode penyimpanan

penyimpanan

Karena terdiri dari puluhan merk, ada kemungkinan instruksi penyimpanannya berbeda-beda. Meski demikian secara umum Cytotec sebaiknya disimpan di suhu ruang, jauh dari paparan cahaya secara langsung dan bebas udara lembab. Jangan menyimpannya di ruang terbuka atau sebaliknya lemari es karena bisa merusak zat-zat yang terkandung didalamnya.

Dosis Cytotec

dosis cytotec

Tukak lambung biasanya muncul karena dulunya sering mengkonsumsi obat-obatan jenis NSAID atau nonsteroidal anti inflammatory. Apabila penyebabnya memang seperti ini, maka dosis obat cytotec yang sering diberikan oleh dokter adalah 800 mcg yang dibagi menjadi dua hingga 4 dosis. Bentuknya berupa tablet dan memiliki kekuatan 200 mg.

Konsumsinya dilakukan selama 4 minggu, tapi apabila kondisinya tergolong parah dapat ditambah sampai 8 minggu. Selain kondisi kesehatan dan respon tubuh, pemberian dosis ini juga disesuaikan dengan usia pasien.

Khusus untuk anak-anak, hingga saat ini secara pasti belum ada ketentuannya. Karena itu jika ada anak yang menderita tukak lambung, pemberian cytotec-nya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter sangat dibutuhkan agar tidak ada efek negatif yang ditimbulkan.

Efek samping

efek samping

Selain diare, ada beberapa efek samping lain yang sering ditimbulkan setelah mengkonsumsi obat cytotec. Misalnya mual atau muntah, lemas badan, kembung dan sakit perut dan pusing. Selain itu tidak jarang ada yang mengalami gatal kulit, pembengkakan di tenggorokan, wajah dan lidah.

Sedangkan yang paling parah dan seringkali dialami wanita adalah pendarahan hingga keguguran kandungan. Jika mengalami kondisi seperti ini, harus segera dibawa ke rumah sakit agar mendapat pertolongan secepatnya.

Karena merupakan obat keras yang efek sampingnya tergolong tinggi, jangan pernah memakai dosis cytotec secara berlebihan. Termasuk juga bagi wanita yang sedang menyusui karena  semua efek samping tersebut bisa menimpa si buah hati.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *