obat pelancar haid cytotec (2)

Mengenal Fungsi Obat Pelancar Haid Cytotec

Pernahkah kamu menggunakan obat pelancar haid ketika siklus haid sedang tidak lancar? Jika iya, maka pernahkah kamu menggunakan obat pelancar haid cytotec? Paling tidak pernahkah kamu mendengar tentang obat satu ini?

Bagi sebagian besar wanita yang sering mengalami siklus haid yang kurang lancar Mungkin kamu sudah tidak asing dengan obat pelancar haid satu ini. Namun, bagaimana dengan kamu yang tidak mengenal cytotec? Apa sih cytotec itu? Apa fungsi dan kegunaan utama dari cytotec? Bagaimana dosis dan cara penggunaannya? Lalu adakah efek samping pemakaian cytotec? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak beberapa ulasan singkat mengenai obat pelancar haid cytotec berikut ini.

Cytotec

Pada umumnya cytotec adalah obat yang dikenal untuk mencegah penyakit tukak lambung akibat dari meminum obat-obatan NSAID ( Non Steroidal Anti Inflammatory Drugs ) dan sejenisnya. Namun obat yang mengandung bahan aktif misoprostol ini, ternyata juga bisa digunakan untuk melancarkan haid. Namun sayangnya obat cytotec ini, termasuk salah satu bagian dari obat keras. Sehingga bukan hal yang aneh bila penggunaan obat ini harus dalam pengawasan ketat dokter. Hal ini dapat terlihat dari pembelian obat yang harus disertai resep dokter. Bila kamu ke apotek atau toko obat lainnya untuk membeli obat ini, namun tidak menggunakan resep dokter maka kemungkinan besar pesananmu tidak akan dilayani.

Fungsi Cytotec

Berdasarkan penjelasan dan pengertian dari cytotec di atas, dapat kita ketahui bahwa cytotec memiliki banyak fungsi yang mungkin dapat membantu kamu. Khususnya bagi kamu yang memiliki riwayat sakit lambung dan siklus haid yang tidak lancar. Jadi apa saja kegunaan cytotec itu? Berikut adalah beberapa fungsi dan kegunaan dari cytotec secara umum.

  1. Digunakan untuk mencegah penyakit tukak lambung serta penyakit yang berhubungan dengan naiknya asam lambung lainnya ( seperti halnya gastritis ataupun maag akut ). Hal ini dikarenakan obat cytotec dapat  digunakan untuk mencegah risiko terbentuknya luka pada lambung.

  2. Untuk melancarkan siklus haid yang tidak teratur.

  3. Dapat digunakan untuk mengakhiri kehamilan atau yang  lebih dikenal dengan nama aborsi. Bagaimana bisa obat ini digunakan sebagai obat aborsi? pada dasarnya obat ini bisa digunakan untuk melancarkan siklus haid. Sehingga obat Ini mengandung zat yang mampu meluruhkan dinding rahim. Namun untuk perawatan aborsi, biasanya cytotec tidak hanya dikonsumsi sendiri. Melainkan ditambah dengan obat lain, layaknya mifepristone.

Cara Penggunaan Cytotec

obat pelancar haid cytotec (2)

Meskipun tergolong ke dalam sebuah obat-obatan keras, namun cytotec memiliki cara penggunaan yang cukup mudah. kamu biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi obat cytotec 4 kali dalam satu hari. Namun dengan dosis yang berbeda-beda setiap orangnya. Hal ini dikarenakan pemberian resep obat cytotec ini, disesuaikan dengan kondisi kesehatan serta respon tubuh pasien terhadap pemberian atau treatment pengobatan menggunakan obat ini. Oleh karenanya, perlu di garis bawahi supaya kamu tidak memberikan obat cytotec milikmu ke orang lain dengan keluhan gejala yang serupa. Terlebih, seperti halnya yang telah dijelaskan sebelumnya obat ini merupakan obat keras yang hanya boleh dibeli menggunakan resep dokter.

Selain itu, ketika kamu menggunakan obat cytotec usahakan supaya kamu selalu meminum obat secara teratur dan di waktu yang sama. Hal ini ditujukan agar obat tersebut dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh kamu. Bahkan kalau perlu supaya kamu selalu ingat dengan jadwal minum obat, kamu bisa mencatat jadwal minum obat cytotec di sebuah buku catatan yang khusus serta membuat pengingat di smartphone kesayanganmu.

Tak hanya itu, saat kamu sedang mengonsumsi obat cytotec kamu tidak boleh meminum dan harus menghindari obat antasida terlebih yang mengandung magnesium. Sebab meminum obat cytotec dengan antasida yang mengandung magnesium bisa mengakibatkan diare berkepanjangan. Jadi bila kamu harus meminum obat antasida ketika sedang treatment pengobatan dengan cytotec, lebih baik untuk konsultasi ke dokter pribadimu.

Efek Samping Penggunaan Cytotec

Semua obat pasti memiliki efek samping yang berbeda-beda. Meskipun tidak secara langsung memberikan efek samping namun setiap obat memiliki potensi untuk mengakibatkan efek samping tersebut. baik efek samping yang cenderung ringan ataupun efek samping yang memiliki dampak sangat besar. Apalagi cytotec adalah obat keras. Sehingga pasti obat ini memiliki efek samping kepada tubuh kamu. Namun semua kembali ke daya tahan tubuh kamu apakah mampu menahan efek samping tersebut atau tidak.

Namun apa saja sih efek samping cytotec yang mungkin dan paling sering dikeluhkan orang ataupun dialami oleh orang yang mengonsumsi obat pelancar haid cytotec? Di bawah ini adalah beberapa efek samping tersebut.

  1. Mual muntah dan diare

  2. Perut kembung

  3. Badan lemas dan tidak bertenaga

  4. Pusing dan sakit kepala ringan

  5. Pendarahan pada vagina

  6. Ruam kemerahan di bagian tubuh, serta

  7. Beberapa efek samping lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *