nutrisi trimester pertama

Ibu Hamil Wajib Penuhi Nutrisi Trimester Pertama

Kebutuhan gizi dan nutrisi trimester pertama perlu diperhatikan oleh Ibu hamil, hal ini karena awal kehamilan adalah masa-masa penting. Jika masa kehamilan di awali dengan sesuatu yang baik seperti pemenuhan nutrisi secara optimal, maka selanjutnya bisa dipertahankan dengan baik. Masa-masa awal sangat penting untuk memperkuat kondisi kehamilan janin dan kesehatan Ibunya.

Dengan kondisi kehamilan yang sehat, maka masa-masa kehamilan pun akan lebih baik seiring berjalannya waktu dari trimester pertama hingga terakhir. Kehamilan yang sehat ditandai dengan kondisi Ibu hamil yang sehat tidak mengalami penurunan pada kondisi tubuhnya. Selain itu, kondisi janin juga harus dipastikan sehat dengan selalu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan pada awal kehamilan atau trimester pertama.

Kebutuhan Nutrisi Trimester Pertama

Trimester pertama adalah masa pertumbuhan dan perkembangan janin serta pembentukan organ-organ janin. Pada masa kehamian trimester pertama membutuhkan beberapa nutrisi berikut ini, antara lain:

  • Kalori dan Protein

Kalori dan protein bisa didapatkan dari daging merah atau daging unggas seperti ayam dan lain sebagainya. Kandungan kalori dan protein itu sendiri sangat berguna untuk menambah energi agar janin bisa berkembang pesat.

  • Asam Folat

Makanan yang banyak mengandung asam folat bisa didapatkan dari seperti telur, brokoli, jeruk, asparagus dan kentang. Asam folat itu sendiri sangat dibutuhkan sebagai nutrisi trimester pertama dalam membantu proses perkembangan sistem saraf pada janin.

  • Vitamin B6

Makanan yang banyak mengandung vitamin B6 antara lain pisang, nasi merah, salmon, selai kacang, kacang-kacangan dan roti gandum. Fungsi dari vitamin B6 itu sendiri adalah untuk mengurangi rasa mual yang sering terjadi pada Ibu hamil. Dengan begitu, Ibu hamil bisa lebih tenang dan lebih mudah untuk makan.

  • Zat Besi

Zat besi bisa Anda peroleh dari sayuran hijau dan juga daging mentah. Zat besi itu sendiri berfungsi untuk membantu mencegah terjadinya anemia pada Ibu hamil. Saat hamil, zat besi sangat dibutuhkan sebagai nutrisi trimester pertama dalam pembentukan hemoglobin darah yang sangat diperlukan oleh Ibu hamil.

Makanan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

nutrisi trimester pertama

Pada masa kehamilan khususnya tiga bulan pertama, banyak kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh Ibu hamil. Beberapa di antaranya seperti karbohidrat, protein, kalsium, lemak sehat, serat, vitamin dan mineral. Nah, untuk jenis makanannya sendiri akan dibahas lebih lanjut pada daftar di bawah ini, antara lain:

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, terlebih lagi saat masa kehamilan trimester pertama. Sayuran hijau mengandung vitamin C, K, kalsium, kalium, zat besi, asam folat, serat dan antioksidan yang baik untuk perkembangan janin. Berikut in beberapa sayuran hijau yang wajib dikonsumsi pada masa kehamilan trimester pertama, antara lain:

  • Bayam

Bayam sangat dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi trimester pertama karena banyak mengandung kalsium. Selain itu, zat besi pada bayam mendorong pembentukan darah lebih banyak untuk bisa mengalir ke rahim untuk perkembangan janin.

  • Asparagus

Sebenarnya, tubuh Kita tidak dapat memproses kalsium dengan vitamin D. Nah, asparagus itu sendiri mengandung banyak sekali vitamin D dan sangat berguna untuk mengatasi morning sickness.

  • Okra

Sayuran hijau yang bernama okra ini mengandung banyak asam folat yang sangat dibutuhkan untuk nutrisi trimester pertama. Asam folat sangat berguna untuk mencegah cacat lahir dan juga sangat baik untuk wanita yang menderita diabetes gestasional.

  • Brokoli

Sayuran brokoli itu sendiri memang sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Nah, untuk Ibu hamil sendiri juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi brokoli. Hal ini karena brokoli mengandung zat besi yang berguna untuk membantu pembentukan sel-sel darah merah. Selain itu, masih banyak sayuran lainnya seperti sawi, kale, kubis dan berbagai jenis sayuran hijau lainnya.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik untuk nutrisi trimester pertama karena mengandung folat untuk mencegah cacat tabung saraf lahir dengan berat badan rendah. Beberapa jenis kacang-kacangan antara lain kadang panjang, kedelai, kacang polong, kacang tanah dan lentil.  Kacang almond juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung vitamin E, asam lemak omega 3 dan protein.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan juga sangat penting untuk masa kehamilan trimester pertama karena banyak mengandung vitamin, mineral dan serat. Kandungan pada buah-buahan ini berfungsi untuk mencegah masalah pada pencernaan dan masalah konstipasi. Disarankan untuk makan buah-buahan sebanyak 5 porsi dengan warna berbeda setiap harinya.

Pemenuhan nutrisi trimester pertama bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah dengan dimakan secara langsung, tetapi juga bisa dijadikan jus buah. Namun, hindari menggunakan gula terlalu banyak atau pemanis karena dapat meningkatkan kadar gula dan dapat merusak gigi. Beberapa di antaranya pepaya, jeruk, mangga, melon, stroberi, alpukat, pisang dan kiwi.

  1. Ikan, Daging dan Telur

Tiga jenis makanan tersebut merupakan paket lengkap yang perlu diperhatikan saat masa-masa kehamilan trimester pertama. Beberapa jenis ikan yang baik dikonsumsi antara lain kembung, ikan lele, mujair, nila, mas, tuna dan salmon. Namun, pastikan semua bahan makanan tersebut sudah dibersihkan dan diolah dengan baik hingga matang untuk menghindari penyakit.

  • Salmon

Biasanya, Ibu hamil disarankan untuk menghindari konsumsi sea food seperti udang atau kepiting dikarenakan takut mengalami alergi. Tetapi berbeda dengan daging ikan salmon yang justru sangat disarankan. Hal ini karena salmon mengandung kalsium yang tinggi, asam lemak omega 3 dan juga vitamin D.

  • Daging Ayam

Daging ayam sangat baik untuk nutrisi trimester pertama dan aman dikonsumsi untuk mengatasi morning sickness. Anda bisa memasak daging ayam dan dijadikan sebagai sup, kuah kaldu nya sangat ampuh sebagai obat mual. Selain itu, juga mengandung zat besi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

  • Telur

Telur banyak mengandung protein, kalsium dan vitamin D sehingga menjadi sumber makanan dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Telur juga merupakan salah satu bahan yang paling mudah dimasak dengan cara digoreng, direbus, orak arik dan lain sebagainya.

  1. Sumber Karbohidrat

Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat sebagai sumber energi atau tenaga. Beberapa di antaranya seperti nasi, roti, kentang, cereal dan biskuit. Karbohidrat juga sangat baik untuk pembentukan organ tubuh janin selama masa kehamilan pertama.

  1. Susu dan Produk Olahan Susu

Kebutuhan nutrisi trimester pertama juga bisa didapatkan dari susu yang mengandung kalsium, protein, vitamin B, fosfor, magnesium, prebiotik dan zinc. Selain susu, banyak produk olahan susu yang juga baik untuk masa kehamilan pertama, sebaiknya pilihlah yang rendah lemak dan gula. Beberapa di antaranya seperti yogurt, keju rendah lemak dan lain sebagainya.

Itulah berbagai macam makanan yang sangat dibutuhkan saat trimester pertama pada kehamilan. Selain makanan di atas, Anda juga harus memperbanyak konsumsi air mineral untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Semoga informasinya bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *