Menstruasi Tidak Teratur

Hati-hati, Ternyata Ini 5 Penyebab Menstruasi Tidak Teratur

Sering mengalami menstruasi tidak teratur? Cari tahu penyebab beserta cara mengatasinya berikut ini. Setiap wanita pastinya mengalami menstruasi atau haid jika sudah memasuki massa balig. Menstruasi sendiri merupakan proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan pendarahan. Umumnya siklus menstruasi ini terjadi selama 3 sampai 7 hari.

Untuk siklus menstruasi wajarnya terjadi setiap 28 hingga 36 hari. Sehingga dalam satu tahun siklus menstruasi berlangsung sebanyak 11 sampai 13 kali. Mungkin Anda pernah mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, dimana siklus menstruasi menjadi lebih lambat atau lebih cepat. Bahkan tidak terjadi menstruasi sama sekali di bulan tersebut. Untuk mengetahui penyebab, simak ulasan berikut ini.

Ketahui Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Berikut

Banyak Pikiran atau Stres

Penyebab menstruasi tidak teratur juga bisa dipengaruhi oleh beban pikiran yang berat bahkan stress. Biasanya hal ini banyak dialami oleh wanita karier yang tertekan dengan berbagai jenis tugas dan masalah di tempat kerja. Biasanya stres juga dialami oleh para pelajar, khususnya yang sedang melaksanakan banyak ujian di sekolah.

Jadi ketika Anda sedang dalam keadaan stres hormon bagian otak yang mengatur siklus menstruasi dapat terpengaruh. Biasanya dalam keadaan stres hypothalamus atau hormon yang mengatur siklus menstruasi menjadi tidak seimbang. Sehingga membuat menstruasi tidak teratur, terkadang terjadi lebih cepat atau bahkan lebih lambat.

Perubahan Berat Badan

Ternyata perubahan berat badan secara ekstrem baik berkurang maupun bertambah dapat mempengaruhi kinerja hormon reproduksi dalam tubuh. Misalkan penurunan berat badan secara drastis dapat mempersulit tubuh untuk memproduksi cukup hormon estrogen. Hormon ini sangat penting untuk membantu proses ovulasi.

Sedangkan penambahan berat badan secara ekstrem dapat mengakibatkan melonjaknya kadar estrogen yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Biasanya hal ini terjadi oleh beberapa orang yang mengalami gangguan pada pola makannya.

Pengaruh Alat Kontrasepsi

Penyebab siklus menstruasi tidak teratur berikutnya adalah pengaruh alat kontrasepsi, biasanya hal ini terjadi pada para wanita yang sudah menikah. Untuk alat kontrasepsi yang berbentuk pil minum atau KB spiral bisa menjadi penyebab tidak teraturnya siklus menstruasi. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk memakai alat kontrasepsi, sebaiknya Anda mencari informasi mengenai kelebihan dan kekurangan alat tersebut.

Biasanya efek samping yang diberikan beberapa alat kontrasepsi adalah mengacaukan siklus menstruasi. Mengapa demikian? Karena alat tersebut dapat mengganggu kestabilan hormon reproduksi dalam tubuh Anda. Jika Anda terganggu dengan siklus menstruasi tersebut sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter agar lebih jelas.

Hormon Tidak Seimbang

Penyebab haid tidak teratur selanjutnya yaitu Polycystic Ovary Syndrome. Ini merupakan gangguan reproduksi yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Biasanya hal ini terjadi pada wanita yang mempunyai kadar hormon seks estrogen dan progesteron yang tidak seimbang. Selain itu juga bisa terjadi pada beberapa wanita yang mungkin kelebihan hormon androgen atau hormon seks pria.

Beberapa gangguan tersebut kemudian mengganggu proses ovulasi yang mengakibatkan kacaunya siklus menstruasi. Bisa saja dalam satu bulan Anda bisa mengalami menstruasi dua kali, bahkan Anda tidak mendapatkan masa menstruasi selama beberapa bulan.

Pre-Menopause

Berikut ini merupakan salah satu penyebab menstruasi tidak teratur adalah pre-menopause. Dimana masa sebelum benar-benar memasuki menopause yang merupakan masa transisi dan pasti akan Anda lalui. Mungkin masa pre-menopause akan terjadi lebih awal, namun sebagian besar wanita mendapatkan periode ini setelah memasuki usia 40 tahun.

Biasanya, lama waktu pre-menopause sekitar 4 sampai 8 tahun, sehingga di masa-masa ini Anda akan mengalami berbagai gejala yang terkait dengan menopause. Salah satunya seperti perubahan di siklus menstruasi yang akan mengakibatkan kadar estrogen di dalam tubuh menjadi tidak menentu.

Cara Mudah Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

Menstruasi Tidak Teratur

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Seperti yang diketahui jika berat badan berlebih atau dibawah batas normal dapat menjadi penyebab menstruasi yang tidak teratur. Untuk mengetahui berat badan Anda termasuk ideal atau tidak, sebaiknya lakukan perhitungan dengan rumus tertentu.

Selain itu Anda bisa melakukan konsultasi dengan ahli gizi, dokter umum atau dokter spesialis gizi mengenai berat badal ideal. Jika memang berat Anda lebih atau kurang dari normal, dengan berkonsultasi Anda bisa menanyakan bagaimana cara untuk meraih batas angka ideal berat badan tersebut.

Yoga

Gerakan yoga dipercaya dapat menjadi pengobatan yang sangat efektif untuk masalah menstruasi tidak yang teratur. Sebuah penelitian meneliti hal ini pada 126 peserta yang melakukan yoga secara rutin dengan durasi 35-40 jam selama 5 hari per minggu. Ternyata hasil penelitian membuktikan bahwa rutinitas tersebut mampu menyeimbangkan hormon.

Sehingga dapat mengatasi masalah siklus menstruasi tidak teratur. Maka dari itu gerakan dalam yoga bisa digunakan untuk mengatasi masalah haid tidak teratur. Bahkan yoga juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit saat PMS.

Olahraga Teratur

Berolahraga juga bisa membantu Anda mengembalikan siklus menstruasi pada kondisi normal dengan mengontrol berat badan. Selain itu aktivitas fisik seperti olahraga juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin dalam tubuh. Hormon tersebut dapat membantu Anda dalam menurunkan tingkat stres yang menjadi salah satu pemicu menstruasi tidak teratur.

Sehingga Anda bisa memulai rutinitas berolahraga untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur ini. Dengan melakukan jogging di sekitar rumah atau kantor selama 30 menit sehari. Selain itu Anda juga bisa mencoba olahraga cardio seperti berenang atau bersepeda.

Menambah Asupan Vitamin

Selanjutnya hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi haid tidak teratur adalah dengan menambah asupan vitamin. Salah satunya vitamin D yang terdapat di dalam kuning telur, susu dan mintak ikan. Vitamin ini telah dipercaya mampu mengatasi masalah menstruasi tidak teratur menjadi normal.

Tidak hanya vitamin B ini juga dianjurkan untuk para wanita yang ingin mengubah siklus menstruasi menjadi normal. Bahkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B seperti jagung dapat meringankan gejala pra menstruasi.

Makan Nanas

Siapa sih yang tidak kenal dengan nanas? Merupakan tumbuhan tropis berwarna kuning yang menjadi salah satu makanan untuk mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Nanas mengandung bromelin yaitu enzim yang dapat melunakkan lapisan rahim, sehingga siklus menstruasi Anda menjadi teratur. Terdapat molekul protein yang dipercaya sebagai pereda nyeri saat menstruasi.

Selain itu cuka apel juga bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur. Dengan mengkonsumsi 15 ml cuka apel dapat mengembalikan siklus menstruasi Anda. Bahkan cuka apel juga bisa membantu menurunkan berat badan, gula darah dan kadar insulin.

Setelah mengetahui ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi siklus menstruasi tidak teratur, maka sebaiknya Anda mulai sekarang tidak perlu khawatir bahkan takut lagi, sebab siklus menstruasi setiap orang berbeda-beda. Yang terpenting pastikan untuk mengatasinya dengan cara yang tepat. Semoga ulasan di atas membantu Anda dalam menyikapi dan mengatasi masalah menstruasi yang tidak teratur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *