Makanan Pelancar Haid

9 Makanan Pelancar Haid yang Paling Direkomendasikan

Jika Anda bermasalah dengan siklus menstruasi Anda, maka sebaiknya mulai mencoba makanan pelancar haid. Memang ada makanan-makanan yang mengandung zat, nutrisi dan senyawa tertentu yang ampuh untuk melancarkan siklus menstruasi wanita. Kenapa siklus haid lancar begitu penting? Ya karena siklus haid yang tidak lancar bisa sebagai tanda banyak hal, salah satunya penyakit.

Banyak wanita yang memiliki siklus menstruasi yang amburadul yang mana banyak sekali penyebabnya. Misalnya kondisi hormon dan fungsi tubuh yang terganggu, adanya penyakit, stres dan masih banyak lagi. Ukuran siklus haid normal biasanya variatif dari 28-30 hari. Nah, jika menstruasi Anda tidak lancar, berikut makanan rekomendasi yang harus Anda konsumsi.

Makanan Pelancar Haid yang Paling Direkomendasikan

Makanan Pelancar Haid
Alo Sehat

Bayam

Salah satu makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melancarkan siklus haid Anda yang terganggu adalah bayam. Sayuran hijau ini memang ampuh untuk melancarkan haid karena kandungan zat besi yang ada di tiap helai daunnya. Kandungan zat besi yang cukup dalam tubuh memang ampuh untuk memastikan menstruasi datang sesuai jadwal.

Terus bagaimana cara mengolah bayam yang baik untuk melancarkan haid? Ini tidak hanya berlaku pada bayam ya, namun satu hal yang harus Anda ingat ketika sedang memasak sayuran adalah jangan mengolahnya terlalu ribet dan lama. Kandungan nutrisi di dalamnya bisa hilang jika dimasak terlalu lama. Jadi, agar kandungan zat besi tetap ada, masak bayam dengan cara sederhana saja ya.

Almond

Makanan pelancar haid rekomendasi yang harus Anda coba berikutnya adalah almond. Jika Anda sudah terlalu khawatir dengan siklus menstruasi Anda yang amburadul, maka jangan ragu untuk mulai mengonsumsi almond. Hal ini karena almond mengandung banyak kandungan serat dan protein yang bisa mejaga keseimbangan hormon dalam tubuh manusia.

Jika hormon pada tubuh manusia terjaga keseimbangannya, maka fungsi tubuh juga akan lancar sebagaimana mestinya. Untuk itu, agar hormon lancar dan menstruasi tidak telat, maka mulailah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan protein. Jangan pernah meremehkan siklus haid yang tidak lancar, karena haid juga bisa menjadi media keluarnya racun dari tubuh seorang wanita.

Salmon

Apakah Anda suka salmon? Selamat. Karena jika iya, maka bisa dipastikan siklus menstruasi Anda akan terjaga kelancarannya. Bukan apa-apa, hal ini karena salmon banyak mengandung nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh manusia, salah satunya adalah Vitamin D. Ya, Vitamin D inilah yang berperan melancarkan siklus menstruasi pada wanita.

Vitamin D memang berjasa untuk menjaga keseimbangan hormon pada tubuh manusia. Dengan asupan Vitamin D yang cukup, dipastikan hormon wanita selalu seimbang. Hormon yang seimbang, bisa melancarkan menstruasi sehingga Anda tidak perlu khawatir risiko penyakit yang mengendap dalam tubuh karena tidak rutin dikeluarkan.

Yogurt

Makanan pelancar haid paling rekomendasi berikutnya adalah yogurt. Yogurt adalah susu yang difermentasi yang banyak mengandung protein. Jika ada yang bermasalah dengan siklus menstruasi Anda, maka bisa jadi Anda kekurangan asupan protein, untuk itu sangat dianjurkan untuk memasok protein lewat makanan-makanan alami nan sehat, salah satunya adalah yogurt.

Dengan mengonsumsi yogurt secara rutin, dijamin suplai protein tubuh akan terpenuhi. Kadar protein dalam tubuh yang cukup akan menyebabkan produksi hormon esterogen dan progesteron seimbang. Maka bisa dipastikan, siklus menstruasi akan selancar dan senormal biasanya.

Ikan

Jika Anda hobi mengonsumsi seafood terutama ikan, maka kabar baik untuk Anda karena pasti siklus menstruasi Anda lancar. Ikan, selain bisa menutrisi otak dengan baik, juga mengandung asam lemak omega-3 yang ampuh sebagai makanan pelancar haid. Nah, jika ada yang bermasalah dengan siklus haid Anda, maka segera mulai mengonsumsi berbagai jenis olahan ikan sebagai menu harian Anda.

Masih belum jelas mengapa ikan begitu ampuh menjaga kelancaran siklus menstruasi? Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya yang bisa menjaga pembuluh darah di ovarium dengan baik dan tidak rusak. Nah, ovarium yang sehat inilah yang bisa memastikan kelancaran siklus menstruasi Anda. Jadi jangan ragu untuk konsumsi ikan setiap hari ya!

Susu Kedelai

Susu kedelai bisa menjadi alternatif untuk memenuhi asupan protein dalam tubuh. Jika Anda alergi akan susu dan yogurt, maka mengonsumsi susu kedelai secara rutin sangat ampuh untuk membuat siklus menstruasi kembali lancar. Keunggulan lainnya adalah susu kedelai berasal dari bahan alami, jadi akan sehat dan tentunya tanpa efek samping.

Seperti susu dan yogurt, susu kedelai juga kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, salah satunya adalah protein. Nah, protein inilah yang ampuh untuk melancarkan siklus haid yang tidak lancar akibat stres dan penyakit atau hal lainnya. Jadi ketika ada yang salah dengan siklus menstruasi Anda, maka pastikan asupan protein Anda selalu tercukupi.

Telur

Makanan pelancar haid yang harus Anda konsumsi selanjutnya adalah telur. Sebagaimana yang kita tahu, telur adalah salah satu makanan yang mengandung banyak protein yang dibutuhkan oleh manusia. Protein memang berjasa menjaga fungsi tubuh bekerja sebagaimana mestinya, salah satunya adalah menjaga hormon tetap seimbang.

Seorang wanita yang tercukupi asupan proteinnya, maka bisa dipastikan hormon esterogen dan progesteron seimbang. Dua hormon inilah yang berperan dalam melancarkan siklus menstruasi pada wanita. Meskipun begitu, jangan mengonsumsi telur secara berlebihan ya, apalagi jika berasal dari ayam petelur.

Brokoli

Makanan pelancar haid yang ampuh dan waib Anda coba selanjutnya adalah brokoli. Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang banyak digemari oleh banyak karena kelezatannya. Selain terkenal dengan kelezatannya, sayuran ini juga banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Di antara kandungan brokoli adalah serat, protein, air dan karbohidrat.

Semua kandungan brokoli di atas ampuh untuk meningkatkan dan menyehatkan kinerja tubuh manusia. Brokoli juga ampuh untuk melancarkan siklus menstruasi karena mengandung protein sebagai penyeimbang hormon. Jadi untuk wanita yang ingin siklus haidnya lancar, maka jangan lupa untuk menyertakan brokoli sebagai menu wajib harian.

Asparagus

Makanan pelancar haid paling rekomendasi berikutnya adalah asparagus yang kaya akan kandungan zat besi. Selain mengandung banyak zat besi, asparagus juga mengandung nutrisi lain yang tidak kalah manfaatnya, yaitu protein, lemak, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin E, folat, kalium, dan fosfor. Mengonsumsi asparagus secara rutin bisa menjadi jaminan tubuh yang sehat jauh dari penyakit.

Asparagus juga ampuh dikonsumsi oleh wanita yang ingin siklus menstruasinya selalu lancar. Kandungan protein, zat besi dan serat di dalamnya merupakan kombinasi ampuh untuk menjaga keseimbangan hormon sehingga menstruasi akan selalu datang pada waktunya. Jadi jangan hilangkan asparagus dari menu wajib harian Anda ya!

Demikianlah ulasan tentang makanan pelancar haid paling rekomendasi dan wajib Anda coba. Dengan mengonsumsi makanan alami di atas, haid akan selalu lancar begitu juga dengan kesehatan tubuh Anda. Jangan khawatir dengan efek samping, karena makanan di atas alami tanpa bahan kimia.

Baca juga : Obat pelancar haid cytotec

Tinggalkan komentar