makanan ibu hamil

Makanan Ibu Hamil Penting untuk Kesehatan

Saat hamil, Ibu akan mengalami mual dan muntah hampir setiap saat. Namun, hal itu tidak boleh sampai mengganggu nutrisi dan makanan Ibu hamil yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatannya dan bayi. Janin yang berkembang dengan sehat hingga masa persalinan adalah impian semua orang. Beberapa ibu hamil memang sulit makan atau mengalami masa-masa penurunan nafsu makan.

Kondisi mual dan muntah ini umumnya muncul pada awal kehamilan selama 12 minggu, setelah itu nafsu makan hampir normal kembali. Meski begitu, tak semua bernasib sama, ada beberapa Ibu hamil yang mengalami gejala mual dan muntah hingga akhir kehamilan. Kondisi ini disebabkan karena adanya peningkatan hormon pada masa kehamilan.

Makanan Ibu Hamil Trimester Pertama

Ketika hamil trimester pertama dan kedua, setidaknya kalori yang dibutuhkan setiap harinya sekitar 2.000 kalori. Angka tersebut juga tidak bisa dipukul rata, karena setiap orang berbeda-beda tergantung faktor-faktor seperti berat badan, aktivitas dan lain sebagainya.

Trimester pertama yaitu masa kehamilan pada minggu pertama hingga minggu ke 12. Berikut ini nutrisi dan makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh Ibu hamil pada trimester pertama, antara lain:

  • Kalori dan Protein

Kalori dan protein sangat dibutuhkan untuk menambah energi sehingga janin bisa berkembang pesat. Contoh makanan Ibu hamil yang mengandung kalori dan protein tinggi antara lain daging merah dan daging unggas.

  • Asam Folat

Makanan yang mengandung asam folat sangat baik untuk membantu proses perkembangan sistem saraf pada janin. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi antara lain seperti telur, jeruk, brokoli, asparagus dan kentang.

  • Asam Amino, DHA dan Colin

Memasuki minggu ke sepuluh, Ibu hamil akan membutuhkan protein yang mengandung asam amino tinggi. Asam amino ini sangat dibutuhkan untuk membantu pembentukan otak janin. Sedangkan makanan Ibu hamil yang mengandung DHA dan Colin juga dibutuhkan untuk memproduksi sel otak janin menjadi lebih sempurna.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 dapat membantu mengurangi rasa mual pada Ibu hamil sehingga membuatnya lebih tenang dan lebih mudah untuk makan. Anda bisa mengkonsumsi pisang, selai kacang, nasi merah, salmon, kacang-kacangan dan roti gandum.

  • Vitamin Lainnya

selain vitamin B6, ada banyak vitamin lainnya yang juga dibutuhkan oleh tubuh pada masa kehamilan. Beberapa vitamin yang dibutuhkan antara lain vitamin A, B1, B2 dan B3.

  • Zat Besi

Untuk membantu mencegah terjadinya anemia pada Ibu hamil, cobalah mengkonsumsi makanan Ibu hamil yang mengandung banyak zat besi.  Hal ini karena saat hamil hemoglobin darah akan menurun, sedangkan keberadaannya sangat dibutuhkan. Zat besi itu sendiri bisa Anda dapatkan dari sayuran hijau dan daging merah.

Namun, Ibu hamil perlu menghindari mengkonsumsi protein jenis hati karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Meski baik untuk kesehatan, pada kondisi hamil, vitamin A jenis ini sangat tidak dianjurkan. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada protein jenis hati dapat menyebabkan kecacatan pada janin.

Nutrisi Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

makanan ibu hamil

Kehamilan trimester kedua merupakan masa kehamilan pada minggu ke 13 hingga minggu ke 28. Memasuki trimester kedua, sebaiknya hindari konsumsi cokelat, teh atau kafein karena dapat mengganggu perkembangan di saraf pusat. Selain itu, pada minggu-minggu akhir trimester kedua juga disarankan hindari konsumsi garam berlebihan karena bisa menyebabkan kaki bengkak.

Pada trimester kedua ini, makanan Ibu hamil yang perlu dikonsumsi fokus pada keseimbangan gizi Ibu hamil dan janin, antara lain:

  • Kalsium dan Vitamin D

Makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D sangat berguna untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah produk susu dan biji wijen. Produk susu tersebut bisa Anda konsumsi sebanyak 2 hingga 3 porsi dalam sehari. Sebaiknya pilih yang rendah lemak dan gula seperti susu skim atau semi skim, yogurt atau keju rendah lemak.

  • Vitamin C

Jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan vitamin C karena sangat berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu, vitamin C juga baik untuk menangkal radikal bebas dan membantu pencegahan penyakit dengan memperbaiki dan meningkatkan sistem imun.

  • Asam Lemak Omega 3

Makanan Ibu hamil yang mengandung asam lemak omega 3 juga dibutuhkan oleh janin untuk membantu dalam pertumbuhan otak lebih optimal. Anda bisa mendapatkannya dari ikan salmon dan kenari.

  • Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Hal ini karena hemoglobin sangat dibutuhkan untuk mencegah Ibu hamil mengalami anemia atau lemah dan letih.

Ada juga harus memahami bahwa kekurangan nutrisi dan gizi pada Ibu hamil dapat berakibat fatal untuk janin dan dirinya sendiri. Berikut ini beberapa kondisi yang dapat terjadi apabila makanan Ibu hamil tidak mencukupi kebutuhan nutrisi, antara lain:

  • Mengalami malnutrisi, yaitu kondisi dimana bayi dan Ibu hamil rentan terhadap penyakit dan organ janin juga tidak berfungsi secara optimal
  • Bayi lahir dengan berat badan rendah dengan risiko penurunan pertumbuhan intelegensi dan imunitas serta dapat meningkatkan penyakit degeneratif saat dewasa
  • Bayi lahir dengan IQ yang rendah karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan saraf pusat dan kecerdasan otak pada janin
  • Pada kasus yang lebih serius bisa menyebabkan bayi lahir dengan kondisi keterbelakangan mental yang cukup buruk atau disebut down syndrome
  • Pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan maupun setelah dilahirkan menjadi lambat, penglihatan dan kemampuan belajar buruk serta mengalami anemia

Nutrisi untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Trimester ketiga adalah masa kehamilan pada minggu ke 29 hingga minggu ke 40. Pada tiga bulan terakhir, Ibu hamil membutuhkan setidaknya 2.200 kali setiap harinya. Makanan Ibu hamil yang dikonsumsi fokus pada pemenuhan kebutuhan energi untuk proses melahirkan. Hal ini karena proses melahirkan merupakan sebuah proses yang cukup panjang serta melelahkan sehingga akan menghabiskan lebih banyak energi.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan energi untuk persiapan proses melahirkan tersebut Anda bisa memperbanyak makanan bergizi dan olahraga/senam Ibu hamil. Kebutuhan lainnya antara lain vitamin B1, B2, B3, B6 dan Yodium. Jangan lupa selama masa kehamilan Anda harus memperbanyak konsumsi air putih atau air mineral untuk mencegah kekurangan cairan atau sembelit.

Selain energi, pada trimester ketiga ini juga membutuhkan vitamin K yang berguna untuk membantu mempercepat proses pembekuan darah pasca melahirkan. Jenis makanan yang mengandung vitamin K antara lain melon, roti gandum, kacang hijau dan pasta.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang nutrisi yang dibutuhkan oleh Ibu hamil agar kebutuhan gizinya bisa terpenuhi dengan baik. Perhatikan betul apa saja yang dikonsumsi selama kehamilan, bila perlu bisa konsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Dengan begitu, Anda bisa mengoptimalkan makanan Ibu hamil apa saja yang perlu dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta mencegah malnutrisi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *