harga cytotec di apotek

Harga Cytotec di Apotek dan Fakta yang Harus Kamu Tahu

harga cytotec di apotek
www.hyperdrug.co.uk

Pernah mendengar obat Cytotec? Bagi orang yang punya riwayat penyakit tukak lambung, pasti familiar dengan obat ini kan ya. Harga Cytotec di apotek kurang lebih Rp 45.000 per butirnya.

Kamu perlu lho resep dokter untuk membeli obat ini. Lho, memangnya kenapa? Untuk tahu lebih dalam tentang Cytotec, simak ulasan dan fakta berikut ini.

Obat Tukak Lambung

Pada dasarnya, Cytotec merupakan obat untuk mencegah tukak lambung karena obat jenis NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs) seperti aspirin. Obat ini mengandung bahan aktif yang disebut misoprostol. Fungsinya adalah untuk mengurangi kadar asam di lambung sehingga luka dan tukak lambung bisa diminimalisir.

Perlu Resep Dokter

1 butir Cytotec memiliki kandungan 200 mcg misoprostol. Karena termasuk obat keras, resep dokter diperlukan untuk menebus Cytotec lho. Khususnya untuk kamu yang memiliki riwayat ataupun resiko tinggi mengalami tukak lambung.

Hal ini disebabkan karena penggunaan Cytotec yang gagal dapat menimbulkan efek samping ringan hingga berat. Contohnya mual dan muntah hingga pendarahan vagina. Karena itu perhatikan dosisnya dan kondisi badan kamu ya.

Bisa untuk Aborsi

Cytotec bisa dipergunakan untuk aborsi jika dikonsumsi dengan obat jenis mifepristone saat kandungan berusia 12 minggu. Karena itu, harga obat Cytotec per butir cukup mahal dan bisa sampai Rp 60.000 per butir. Bahkan tidak dijual bebas tanpa resep dokter sehingga perlu pemesanan khusus.

Apotek dan Pasar Gelap

Cytotec tidak hanya dijual di apotek namun juga di pasar gelap. Hal ini disebabkan karena Cytotec dapat dipergunakan untuk aborsi. Padahal, menggugurkan kandungan termasuk kegiatan yang ilegal.

Harga Cytotec eceran di apotek umumnya sekitar Rp 45.000. Namun, ada yang menjualnya dengan harga sekitar Rp 100.000 per butir. Itu karena Cytotec yang seharusnya untuk mencegah penyakit asam tukak lambung, dipergunakan juga untuk aborsi.

Kamu perlu menunjukkan resep dokter saat di apotek untuk membeli obat ini. Namun ada lho beberapa apotek, misalnya apotek kecil, yang masih menjual bebas obat ini tanpa resep. Bahkan, obat ini, termasuk jenis Cytotec palsu juga dijual bebas di pasar gelap dengan harga tinggi.

Penggunaan Cytotec

Sebagai salah satu obat yang mengandung misoprostol, kamu harus memperhatikan dosis penggunaannya. Untuk pencegahan tukak lambung, kamu bisa mengkonsumsi obat ini 4x sehari yaitu setelah makan dan sebelum tidur.

Akan tetapi, masing-masing orang punya kondisi badan yang berbeda dong ya. Karena hal tersebut, dosis konsumsi Cytotec berbeda. Sebaiknya tanyakan ke dokter untuk dosis yang tepat agar tidak membahayakan.

Saat pengkonsumsian obat Cytotec, kamu tidak boleh minum obat antasida yang punya kandungan magnesium. Jika kamu langgar, kamu justru bisa diare dan kondisi badan kamu akan memburuk.

Ibu Hamil dan Menyusui Dilarang Minum Cytotec

Cytotec dapat memicu kontraksi, pendarahan di rahim dan efek embrio toksisitas. Jadi, jika kamu sedang hamil atau sedang menyusui, hindari untuk mengkonsumsi obat ini.

Efek embrio toksisitas dari Cytotec dapat menyebabkan janin terbentuk dan lahir dalam kondisi cacat. Bahkan pemberian obat ini di awal kehamilan yaitu di trimester awal, dapat menyebabkan:

  • Keguguran.
  • Sindrom moebius.
  • Kelahiran prematur.
  • ABS (amniotic band syndrome).
  • Bayi lahir di kandungan.
  • Kerusakan rahim.

Selain terlarang untuk ibu hamil, Cytotec juga tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Ini karena obat ini bisa meresap ke air susu. Jika masuk ke tubuh bayi, bisa menyebabkan diare pada bayi.

Itulah fakta mengenai Cytotec. Sebelum membeli, pastikan kamu punya resep dokter dan perhatikan harga Cytotec di apotek agar tidak salah membeli dan ditipu. Semoga informasi di atas menambah pengetahuan kamu dan tetap sehat ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *