kenali gejala penyakit lambung parah

Mengenal Gejala Penyakit Lambung Parah dan Komplikasinya

Sakit lambung merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa dianggap sepele. Hal ini dikarenakan bila sakit lambung dibiarkan, akan muncul gejala penyakit lambung parah yang bisa membahayakan kamu. Oleh karenanya, alangkah lebih baik bila kamu mencegah terjadinya sakit lambung yang lebih parah dan mengobati sakit lambung ringan ( bila sudah terlanjur sakit lambung ). Namun, bagaimana caranya?

Sebelum mengetahui cara untuk mengobati dan mencegah penyakit lambung yang lebih parah, alangkah baiknya bila kamu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian gejala penyakit lambung parah, komplikasi penyakit lambung dan jenis-jenis penyakit lambung parah. Nah, untuk mengetahuinya mari simak beberapa penjelasan singkat di bawah ini.

 Gejala Penyakit Lambung Parah

kenali gejala penyakit lambung parah

Gejala penyakit lambung parah merupakan sebuah ataupun beberapa gejala gangguan lambung yang terjadi secara terus-menerus ( berulang-ulang ) dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Gejala ini terjadi tentunya karena kamu telah mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini, bisa terjadi karena berbagai hal. Seperti halnya, sakit lambung yang diakibatkan pola makan yang tidak teratur, sakit lambung karena penggunaan obat tertentu, dan lain sebagainya.

Umumnya gejala penyakit lambung yang paling sering dialami adalah sakit perut pada bagian atas. Padahal selain itu, masih ada banyak gejala sakit lambung parah lainnya. Penasaran? Berikut ini merupakan beberapa jenis sakit lambung parah yang paling umum dijumpai.

  1. Perasaan tidak nyaman dalam saluran pencernaan terutama pada bagian perut.

  2. Penurunan berat badan secara bertahap.

  3. Rasa mual dan muntah di setiap mengonsumsi makanan. Terutama makanan yang pedas atau asam.

  4. Perut terasa begah ( penuh ) khususnya di perut bagian atas setelah makan. Walaupun makan dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

  5. Berkurangnya nafsu makan, serta

  6. Beberapa gejala tak enak yang terjadi dalam saluran pencernaan terutama pada bagian perut.

Komplikasi Penyakit Lambung Parah

gejala penyakit lambung parah

Gejala sakit lambung yang kronis atau parah ini biasanya dapat membaik dengan cepat melalui pengobatan dan perawatan yang tepat. Sebaliknya bila gejala sakit lambung kronis ini tidak ditangani dengan benar dan tanpa pengawasan maupun perawatan yang tepat, maka bukan hal aneh bila kamu akan mengalami komplikasi penyakit lambung yang lebih parah. Memangnya, apa saja sih komplikasi penyakit lambung yang dimaksud? Di bawah ini merupakan beberapa komplikasi penyakit lambung parah yang umumnya sering terjadi.

  1. Tukak Lambung

  2. Kekurangan Vitamin B12

  3. Gastritis

  4. Anemia, bahkan

  5. Kanker Lambung

Jenis Penyakit Lambung Parah

Ada beberapa jenis atau tipe dari penyakit lambung yang parah. Memangnya tipe atau jenis penyakit ini digolongkan berdasarkan penyebabnya. berdasarkan penyebab utamanya ada tiga jenis penyakit lambung parah yang biasanya terjadi. Ketiga jenis penyakit lambung parah tersebut, meliputi:

  1. Sakit lambung tipe A

Sakit lambung tipe ini biasanya dikarenakan sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel kanker lambung sehingga mengakibatkan kamu kekurangan vitamin, mengalami anemia, bahkan bisa sampai memicu kanker lambung.

  1. Sakit lambung tipe B

Sakit lambung tipe B biasanya disebabkan oleh bakteri helicobacter pylori. Bakteri ini bisa menyebabkan kondisi yang memungkinkan kamu untuk mengalami tukak lambung, tukak usus serta kanker lambung bila tidak segera diobati dengan benar.

  1. Sakit lambung tipe C

Jauh berbeda dari sakit lambung tipe A atau pun tipe B, sakit lambung tipe C biasanya diakibatkan oleh penggunaan obat-obatan anti inflamasi atau yang lebih dikenal dengan obat-obatan NSAID, dan konsumsi alkohol dalam jangka waktu yang cukup lama.

Penanganan atau Pengobatan Penyakit Lambung Parah

Ada beberapa penanganan ataupun pengobatan penyakit lambung parah yang bisa kamu lakukan. Pengobatan ini, umumnya tidak cukup sulit tetapi perlu kekonsistenan yang cukup tinggi. Salah satu cara pengobatan penyakit lambung Parah ini tentunya dengan menjaga pola dan mengatur konsumsi makan. Sebab, sering kali sakit lambung parah diakibatkan oleh ketidakteraturan kamu dalam mengonsumsi makanan dan terlalu banyak memakan junk food ( tidak hanya makanan cepat saji ).

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat dan mengatur pola makan secara teratur, untuk sakit lambung yang sudah terlalu parah, biasanya kamu harus ke dokter dan akan diberikan beberapa resep obat untuk mengatasi gejala sakit lambung tersebut. Ada beberapa jenis obat yang umumnya disarankan untuk para penderita gejala sakit lambung khususnya bagi barat penderita sakit lambung yang cukup parah. Biasanya semakin parah gejala sakit lambung yang kamu alami maka semakin keras juga obat yang akan diberikan.

Contoh obat keras yang digunakan untuk treatment pengobatan sakit lambung yang cukup parah adalah cytotec. cytotec ini merupakan obat yang bisa mengatasi sakit lambung parah namun hanya boleh digunakan atas saran ataupun resep dari dokter. Sebab obat untuk mengatasi gejala penyakit lambung parah ini, memiliki beberapa efek samping yang cukup bahaya jika dikonsumsi oleh orang yang tidak memiliki kondisi tubuh yang tepat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *