Cara Pakai Cytotec

Agar Tidak Salah, Ketahui Cara Pakai Cytotec yang Tepat

Pernah mendengar Cytotec? Bagi yang pernah mengalami masalah lambung khususnya tukak lambung tentu sudah sering mendengar jenis obat yang satu ini. Misoprostol atau yang lebih akrab disapa Cytotec merupakan salah satu obat yang dipakai untuk mengatasi masalah tukak lambung. Karena dosis obat ini keras, cara pakainya pun tidak boleh sembarangan, jadi simak cara pakai Cytotec berikut

Berbicara tentang penyakit tukak lambung, memang tengah populer di kalangan masyarakat mengingat sekarang ini. Tukak lambung sendiri merupakan sebuah kondisi dimana lambung mengalami luka yang menyebabkan pengikisan pada dinding lambung. Nah bagi yang memiliki masalah tukak lambung, Cytotec bisa menjadi salah satu solusi mengatasinya. Bagaimana caranya??

Berikut Cara Pakai Cytotec dengan Benar dan Tepat

Tentang Obat Misoprostol/Cytotec

Seperti buang sudah dijelaskan, Misoprostol atau Cytotec merupakan sebuah obat yang digunakan untuk mengobati dan juga mencegah masalah penyakit tukak lambung. Khususnya yang menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid atau biasa dikenal dengan nama NSAID.

Selain mengatasi masalah tukak lambung, obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya komplikasi atau pendarahan yang disebabkan oleh penyakit lambung tersebut. Cara kerja dari obat ini yaitu melapisi lambung sekaligus menurunkan jumlah asam lambung Anda. Umumnya dosis obat misoprostol ini berbeda-beda setiap pemakainya karena disesuaikan dengan kesehatan penderita.

Perlu diketahui, Cytotec merupakan salah satu obat keras yang mana penggunaannya harus berada di bawah pengawasan dokter. Oleh karenanya, untuk bisa mendapatkan obat ini di apotek, Anda pun harus membawa resep dari dokter yang menyarankan.

Bagaimana Cara Pakai Cytotec?

Cara Pakai Cytotec

Setelah memahami tentang obat Misoprostol atau Cytotec, maka selanjutnya kita perlu memahami tentang cara pakai Cytotec tersebut. Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, obat ini termasuk dalam kategori obat keras. Sehingga cara pemakaiannya pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sehingga untuk mendapatkan hasil yang maksimal pastikan untuk mengkonsumsinya sesuai aturan.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah Tukak Lambung, sebaiknya untuk mengkonsumsi obat Cytotec ini sebanyak 4 kali dalam sehari. Anda bisa mengkonsumsinya setelah makan atau sebelum tidur. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari efek sampingnya berupa diare.

Perlu diingat dosis pada setiap orangnya berbeda. Hal tersebut terjadi karena pemberian dosis oleh dokter telah disesuaikan dengan kondisi kesehatan dari penderita. Selain itu, dosis tersebut juga disesuaikan dengan respons pasien terhadap pengobatan yang dilakukan.

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, maka pastikan untuk menerapkan cara pakai Cytotec di atas dan menghindari minum obat antasida yang mengandung magnesium. Jika dalam beberapa hari kondisi tubuh Anda tidak membaik, maka segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih dini.

Simak Kegunaan Obat Cytotec yang Perlu Diketahui

Kegunaan Obat Cytotec

Setelah mengetahui cara pakai cytotec, maka selanjutnya kita akan membahas tentang kegunaan dari obat tukak lambung ini. Secara umum obat Cytotec ini digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi medis, diantaranya yaitu:

  • Dipakai untuk pencegahan dan pengobatan masalah tukak lambung
  • Sebagai pengobatan tukak duodenum, namun tidak dianjurkan untuk mengobati masalah tukak duodenum yang disebabkan karena penggunaan obat AINS.
  • Digunakan untuk pengobatan dan juga pencegahan penyakit tukak lambung yang disebabkan karena pemakaian obat anti inflamasi
  • Dipakai sebagai pengobatan jika terjadi pendarahan parah pasca melahirkan.

Kontradiksi Obat Cytotec

Cara pakai Cytotec memang sangat mudah, namun tidak semua orang diperbolehkan untuk menggunakan obat yang satu ini. Perlu diketahui, beberapa penderita yang memiliki kondisi di bawah ini, tidak dianjurkan oleh mengkonsumsinya. Apa saja kondisi kesehatan yang dilarang? Berikut ulasannya

  • Seseorang yang memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi pada prostaglandin maka tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat ini.
  • Tidak boleh diberikan pada wanita yang sedang hamil atau berencana untuk hamil.
  • Obat ini tidak boleh diberikan pada wanita yang akan memulai persalinan atau dicurigai adanya kompromi janin sebelum proses induksi persalinan.
  • Obat ini juga tidak boleh diberikan pada mereka yang memiliki luka pada bagian uterusnya.
  • Tidak boleh dipakai secara bersamaan dengan obat oksidasi atau penginduksian kehamilan lainnya.

Efek Samping Obat Cytotec

Sudah tahu apa saja efek samping dari pemakaian obat Cytotec? Nah, setelah mengetahui bagaimana cara pakai Cytotec beserta kegunaannya, maka selanjutnya akan disampaikan efek samping dari obat tersebut. Layaknya obat-obat lain yang dijual di pasaran, Cytotec juga memiliki efek samping yang dapat dirasakan oleh pemakaiannya.

Namun perlu diingat, masing-masing penggunaan obat ini biasanya merasakan efek samping yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi kesehatannya. Langsung saja berikut ini beberapa efek samping yang sering muncul saat Anda mengkonsumsi obat Cytotec, diantaranya yaitu:

  • Kembung
  • Nyeri perut
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Dispepsia
  • Pusing dan sakit kepala
  • Pendarahan vagina yang tidak normal
  • Dan lain sebagainya.

Peringatan dan Perhatian

Karena obat Cytotec ini kategori obat keras, maka dalam pemakaiannya pun harus sesuai dengan anjuran dari dokter. Sebelum dan juga selama pemakaian, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Apa saja ? Langsung saja berikut ulasan lengkapnya.

  • Jika mengalami masalah hipersensitivitas atau alergi terhadap obat maka segera sampaikan kepada dokter atau apoteker.
  • Penggunaan obat ini secara rutin akan rentan mengalami masalah diare
  • Sebaiknya untuk menghindari pemakaian untuk pasien yang mengalami dehidrasi, gangguan fungsi ginjal dan sedang fase menyusui.
  • Pastikan untuk memberikan perhatian yang lebih untuk pengguna yang mengalami masalah jantung karena penggunaan jangka panjang akan menyebabkan komplikasi serius.

Cara Menyimpan Obat Cytotec

Hampir sama dengan obat-obatan lainnya, Cytotec sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan dan jauhkan dari cahaya dan tempat yang lembap. Sebaiknya untuk membekukan obat ini karena dapat menghilangkan manfaat yang terkandung di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, Anda juga melihat instruksi yang terdapat pada kemasan atau menanyakan kepada pihak apoteker saat membeli.

Jangan lupa, sebaiknya untuk tidak menyiram obat ini ke toilet atau ke saluran pembuangan kecuali jika Anda mendapatkan instruksi dari dokter. Pastikan untuk segera membuat produk Cytotec jika masa berlakunya sudah habis atau jika obat tersebut tidak diperlukan lagi.

Perlu diingat pastikan untuk mengonsultasikan kepada pihak apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal terkait bagaimana cara pembuangan produk Cytotec tersebut.

Setelah mengetahui penjelasan singkat tentang obat Cytotec beserta kegunaannya, di harapkan Anda lebih berhati-hati saat mengkonsumsi obat ini. Hal tersebut karena obat Cytotec menjadi salah satu obat yang masuk kategori obat keras sehingga penggunaannya harus sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh dokter.

Demikian beberapa informasi seputar cara pakai Cytotec beserta kegunaan dan efek sampingnya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan semakin membuat Anda lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan yang dijual di pasaran.

Tinggalkan komentar