Cara Mencegah Keguguran

Beberapa Penyebab dan Cara Mencegah Keguguran

Wanita hamil dengan usia kandungan di bawah 12 minggu atau trimester pertama sangat rentan mengalami keguguran. Apa yang dimaksud keguguran? Berhentinya kehamilan dengan sendirinya saat hamil muda atau sebelum usia kandungan lebih 20 minggu

Ada banyak penyebab terjadinya keguguran pada ibu hamil. Salah satunya ibu hamil sedang mengalami penyakit kronis serta janin tidak berkembang secara normal. Kondisi ini biasanya ditandai dengan keluarnya darah dari vagina. Selain itu, juga merasakan nyeri atau kram di perut maupun punggung. Apabila merasakan tanda tersebut, alangkah baiknya segera dibawa ke dokter kandungan.

Apakah keguguran bisa dihindari? Secara umum tidak ada cara spesifik untuk mencegahnya. Namun, keguguran bisa saja dicegah dengan cara menjaga kondisi supaya tetap sehat. Lalu apa saja cara mencegah keguguran? Simak uraian di bawah ini.

6 Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil

  1. Masalah Rahim

Penyebab keguguran yang pertama yaitu karena adanya masalah rahim. Rahim merupakan tempat tumbuh kembang janin sehingga apabila terjadi masalah akan rentan mengalami keguguran. Terutama jika ibu hamil memiliki penyakit miom.

  1. Riwayat Genetik

Faktor penyebab keguguran lainnya yaitu riwayat genetik atau cacat lahir sehingga memicu hilangnya janin dalam kandungan. Biasanya dokter akan bertanya kepada ibu hamil mengenai riwayat genetik pada kehamilan sebelumnya. Hal ini perlu dilakukan sebagai catatan untuk kehamilan selanjutnya.

  1. Sakit Kronis

Ibu hamil bisa mengalami keguguran apabila memiliki penyakit kronis. Penyakit kronis tersebut misalnya hipertensi, diabetes militus maupun penyakit bawaan seperti kelainan jantung.

  1. Riwayat Keguguran

Ibu hamil yang sebelumnya sudah memiliki riwayat keguguran sampai dua atau tiga kali berulang-ulang. Sangat rentan atau berisiko lebih besarĀ  mengalami keguguran lagi di kehamian berikutnya.

  1. Usia

Terjadinya kelainan kromosom paling sering dialami saat wanita berusia d atas 40 tahun. Ibu yang sedang hamil di usia tersebut dua kali lipat akan mengalami kelainan kromosom sehingga menyebabkan keguguran.

  1. Obat-obatan

Saat mengalami infeksi saat sedang hamil biasanya akan diberikan obat untuk menyembuhkan penyakitnya. Namun, Anda perlu hati-hati karena obat-obatan merupakan zat kimia yang bisa menyebabkan keguguran.

9 Cara Mencegah Keguguran Pada Ibu Hamil

Cara Mencegah Keguguran

  1. Menemui Ginekologi Sejak Pra-konsepsi atau Sebelum Hamil

Cara mencegah keguguran yang pertama adalah rutin menemui ginekologi sejak pra-konsepsi atau sebelum hamil. Hal ini perlu dilakukan supaya dokter bisa meninjau riwayat kesehatan Anda. Seperti gaya hidup, mengambil sampel darah dan melakukan tes kehamilan secara rutin.

Apabila pemeriksaan yang dilakukan hasilnya ada masalah maka dokter bisa segera mengatasinya. Misalnya dengan pemberian vaksinasi cacar air atau rubela bisa dilakukan dengan cepat. Virus hidup yang diberikan melalui vaksin tidak bisa dilakukan saat sedang hamil.

  1. Mengkonsumsi Asupan Makan yang Seimbang

Cara mencegah keguguran selanjutnya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi secara baik melalui konsumsi asupan makanan seimbang. Cara ini penting dilakukan sejak sebelum hamil dengan mengkonsumsi vitamin prenatal.

Mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah juga baik untuk tubuh. Makanan tersebut nantinya juga baik bagi bayi yang ada di dalam kandungan. Rutin mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah secara signifikan bisa menurunkan risiko keguguran.

  1. Tidak Stres

Cara ampuh untuk mengatasi keguguran adalah merasa bahagia selama masa kehamilan. Ibu hamil yang sedang dalam kondisi stres bisa membatasi pergerakannya. Apabila Anda tidak ingin hal ini terjadi maka harus membuat diri sendiri selalu relaks dan merasa bersyukur atas kondisi yang sedang dijalani.

Cara tersebut sangat ampuh untuk mengurangi risiko terjadinya keguguran hingga 60 persen. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu bahagia dan bersyukur saat sedang hamil dan seterusnya.

  1. Rutin Melakukan Olahraga

Meski dalam keadaan hamil, Anda tidak boleh malas bergerak dan berolahraga. Olahraga merupakan salah satu cara mencegah keguguran yang sangat efektif, asalkan dilakukan dengan benar. Tidak semua jenis aktivitas fisik bisa Anda lakukan karena bisa membahayakan janin. Pilihlah aktivitas fisik yang ringan seperti yoga, senam, jalan kaki, dan sebagainya.

Olahraga yang baik saat hamil dilakukan tiga kali dalam seminggu dengan durasi 20 menit. Banyak manfaat yang diperoleh jika rutin melakukannya. Selain mencegah keguguran juga membantu perkembangan otak janin dalam kandungan.

  1. Menghindari Perilaku Tidak Sehat

Pada saat Anda sedang dalam kondisi hamil muda, sebaiknya menghindari beberapa hal buruk yang bisa mengakibatkan keguguran. Tidak hanya dihindari, kalau perlu juga harus dihentikan. Adapun perilaku tidak sehat yang harus dihindari adalah membatasi kafein bagi pecinta kopi. Anda sebaiknya mengkonsumsi kopi dengan kafein 200mg per hari atau dua cangkir kopi.

Selain kopi Anda juga diharuskan untuk menghindari teh dan minuman berkafein lainnya. Kebiasaan merokok, mengkonsumsi narkoba dan alkohol juga harus dihindari supaya janin dalam kandungan tidak mengalami keguguran. Hal ini menjadi salah satu cara mencegah keguguran yang harus dilakukan.

  1. Rutin Melakukan Cek Darah

Cara mencegah keguguran selanjutnya yaitu rutin melakukan cek darah. Hal ini penting dilakukan terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi. Kondisi gula dan tekanan darah yang tidak normal bisa menyebabkan malformasi janin.

Apabila tidak ingin itu semua terjadi maka harus rutin melakukan cek darah. Anda bisa melakukan CERAMAH (cek tekanan darah di rumah) dengan menggunakan alat yang sudah tervalidasi. Hal tersebut dilakukan untuk membantu proses pengecekan saat jadwal konsultasi.

  1. Konsultasi dengan Dokter Sebelum Mengkonsumsi Oat-obatan

Ibu hamil tidak diperbolehkan mengkonsumsi sebarangan obat tanpa rekomendasi dari dokter. Jika hal tersebut dilakukan maka sangat berisiko mengalami keguguran saat hamil muda. Mengingat obat merupakan bahan kimia yang tidak bis dikonsumsi sembarangan.

Sebaiknya Anda selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan. Misalnya berapa dosis aspirin untuk mengurangi rasa sakit atau obat lain yang memiliki sifat keras. Hal ini merupakan salah satu cara mencegah keguguran yang ampuh.

  1. Menjaga Berat Badan

Saat sedang hamil nafsu makan akan meningkat sehingga cenderung terus ingin makan. Tidak bisa di pungkiri jika ibu hamil porsi makannya juga akan mengalami peningkatan. Kondisi seperti ini tidak masalah asalkan tidak berlebihan dan makanan yang dikonsumsi nutrisi-nya dibutuhkan oleh tubuh. Sebisa mungkin hindari kenaikan berat badan sangat drastis.

Ibu hamil dengan berat badan berlebih sangat berisiko mengalami keguguran. Apabila janin dalam kandungan berhasil dilahirkan akan sangat berisiko mengalami kematian di usia dini akibat penyakit jantung bawaan. Maka dari itu, ibu hamil harus selalu menjaga berat badan supaya terus stabil.

  1. Mengkonsumsi Asam Folat

Cara mencegah keguguran selanjutnya yaitu mengkonsumsi asam folat. Perlu diketahui asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Setidaknya dalam satu hari jumlah asupan yang direkomendasikan untuk ibu hamil sebesar 400 mikrogram.

Asam folat bisa dengan mudah ditemukan karena berada di sekitar kita. Nutrisi ini bisa Anda temukan di bayam, brokoli, asparagus, hati hewan, kacang-kacangan dan juga suplemen asam folat.

Nah itulah beberapa penyebab dan 9 cara mencegah keguguran. Diharapkan uraian di atas bisa menambah informasi untuk ibu hamil agar menghindari hal tersebut supaya tidak mengalami keguguran.

Tinggalkan komentar