Rekomendasi 11 Camilan Ibu Hamil yang Sehat dan Enak

Apakah ibul hamil diperbolehkan untuk ngemil? Boleh saja asalkan camilan yang dikonsumsi sehat dan bernutrisi. Seorang ibu hamil biasanya cenderung sering merasakan lapar. Hal ini dikarenakan saat mengandung nafsu makan akan semakin meningkat.

Meskipun nafsu makan meningkat, tetapi harus selalu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Tujuannya supaya makanan yang dikonsumsi tidak hanya mengenyangkan perut tetapi juga menyehatkan, baik ibu maupun janin dalam kandungan.

Setiap hari ada banyak camilan yang sangat enak dan menggoda di sekitar kita. Seorang ibu hamil disarankan untuk menghindari camilan yang mengandung lemak cukup tinggi dan gula. Alasannya karena nutrisi yang terkandung tidak dibutuhkan oleh tubuh. Apa saja camilan ibu hamil yang sehat dan enak? Simak uraian di bawah ini.

11 Camilan Ibu Hamil yang Sehat dan Enak

Camilan ibu Hamil

  1. Cokelat

Camilan ibu hamil yang sehat dan enak pertama adalah cokelat. Mengkonsumsi cokelat ketika sedang mengandung akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, terutama pada pembuluh darah. Camilan ini juga dipercaya bisa membantu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi maupun preeklamsia.

Cokelat memang merupakan camilan ibu hamil yang boleh dikonsumsi. Namun, tidak disarankan untuk mengkonsumsi-nya dalam jumlah banyak. Ibu hamil disarankan untuk memilih cokelat hitam atau dark chocolate dan menghindari jenis yang mengandung banyak gula.

  1. Alpukat

Saat hamil ibu membutuhkan kandungan asam folat, untuk memenuhinya bisa mengkonsumsi buah alpukat sebagai camilan. Kandungan asam folat alami dalam buah ini cukup tinggi sehingga bisa meminimalkan risiko bayi cacat lahir pada otak maupun sumsum tulang belakang.

Camilan ibu hamil satu ini tidak hanya mengandung asam folat, tetapi juga lemak sehat yang bermanfaat. Manfaat dari lemak sehat dalam alpukat adalah mendukung perkembangan otak janin. Supaya bisa memperoleh banyak manfaatnya, sebaiknya mengkonsumsi-nya langsung. Buah ini juga bisa disajikan sebagai pengganti mentega pada roti lapis maupun panggang.

  1. Oatmeal

Sudah bukan rahasia lagi jika oatmeal merupakan makanan sehat dan bernutrisi. Makanan ini juga bisa dijadikan sebagai camilan ibu hamil. Alasannya karena oatmeal memiliki kandungan karbohidrat kompleks, serat, magnesium dan juga mineral zinc cukup tinggi.

Kandungan magnesium pada oatmeal apabila dikonsumsi oleh ibu hamil akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya yaitu baik untuk fungsi kekebalan tubuh, otak maupun saraf. Sedangkan kandungan  mineral zinc bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan sel dan juga pembentukan DNA pada janin.

  1. Jus Jeruk

 Di dalam jus jeruk ditemukan kandungan asam folat dan kalium yang sangat bermanfaat. Kandungan tersebut berguna untuk mencegah kelainan pada janin, menjaga metabolisme ibu hamil dan fungsi otot.  Sedangkan vitamin C dalam jeruk bisa mencegah pilek, meningkatkan penyerapan zat besi maupun menjaga kesehatan tulang dan gi ibu hamil.

Baca Juga: Makanan Ibu Hamil Penting Untuk Kesehatan

Apabila Anda tidak menyukai jeruk maka bisa menggantikannya dengan buah lainnya. Seperti tomat, stroberi dan juga mangga. Semua buah yang disebutkan sangat baik untuk tubuh asalkan tidak ditambahkan dengan gula ataupun susu saat membuat jus.

  1. Ubi

Ubi ternyata juga bisa dijadikan sebagai camilan ibu hamil yang sehat dan enak. Hal ini dikarenakan di dalam ubi terdapat  kandungan vitamin A, vitamin B, kalium, zat besi, dan masih banyak lagi. Kandungan vitamin A pada ubi berperan penting dalam pembentukan mata, kulit dan juga tulang janin dalam kandungan.

Meskipun ubi memiliki banyak manfaat tetapi cara mengolahnya sebelum dikonsumsi sangatlah mudah. Anda bisa mengolahnya dengan cara dipanggang, dikukus, digoreng atau juga bisa ditumbuk.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu camilan sehat untuk ibu hamil. Di dalam yoghurt terdapat kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi ibu hamil serta janinnya. Selain itu, juga ditemukan kandungan prebiotik atau bakteri baik di dalamnya. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan saluran pencernaan.

Kandungan prebiotik dalam yoghurt bisa membantu menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi yang berisiko melahirkan bayi prematur. Selain itu, juga mencegah  infeksi saat masa kehamilan, eksim serta alergi pada bayi. Ibu hamil disarankan untuk memilih yoghurt plain dengan campuran kismis, kacang dan buah segar. Tidak hanya itu saja, camilan ini juga bisa dijadikan smoothies.

  1. Kacang Edamame

Camilan ibu hamil yang sehat dan enak selanjutnya adalah kacang edamame. Jenis kacang ini mempunyai kandungan vitamin B dan juga asam folat yang sangat baik untuk ibu hamil. Selain itu, juga mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh ibu hamil, seperti zat besi, zinc dan magnesium.

Kacang edamame memiliki bentuk mirip dengan kacang kedelai tetapi  mempunyai ukuran lebih besar. Sebelum menikmati kacang edamame sebagai camilan, terlebih dahulu harus direbus dan ditaburi sedikit garam.

  1. Apel

Buah yang satu ini memang sudah terkenal akan kandungan nutrisinya, salah satunya serat. Kandungan serat dalam apel berfungsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan melancarkan buang air besar. Sedangkan kandungan vitamin dan antioksidan bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin dalam kandungan.

Kandungan yang ada dalam apel membuat buah ini bida dijadikan camilan ketika sedang hamil. Apel ini sangat mudah dikonsumsi dan bisa dibawa kemana-mana. Selain itu, juga memiliki rasa enak dan manis.

  1. Pisang

Buah selanjutnya yang bisa digunakan sebagai camilan sehat ibu hamil adalah pisang. Buah yang satu ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis. Bagi ibu hamil dalam kondisi mual direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah pisang.

Pisang dikenal sebagai salah satu buah yang mengenyangkan dan praktis dibawa kemana-mana. Di dalam pisang terdapat kandungan kalium, serat, antioksidan dan juga karbohidrat sehingga jika dikonsumsi mampu memenuhi kebutuhan nutrisi. Selain itu, juga bisa mencegah anemia dan mengurangi kram saat hamil.

  1. Roti Gandum

Selain jenis buah-buahan, camilan ibu hamil yang sehat dan enak lainnya adalah roti gandum. Roti gandum mempunyai kandungan serat lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis lainnya.  Kandungan vitamin B di dalamnya sangat baik untuk ibu hamil, terutama saat sedang mual dan muntah.

Roti gandum bisa dikonsumsi secara langsung tetapi bisa juga dipanggang terlebih dahulu. Apabila ingin mendapatkan banyak nutrisi maka bisa ditambah dengan topping sehat seperti alpukat, stroberi dan telur.

  1. Popcorn dan Kacang-kacangan

Camilan ibu hamil selanjutnya yaitu popcorn dan juga kacang-kacangan. Camilan ini sangat cocok dikonsumsi ketika ibu hamil sedang mengeluhkan sembelit. Hal ini karena makanan tersebut mengandung serta cukup tinggi sehingga bisa mengatasi masalah sembelit.

Popcorn bisa dibuat sendiri di rumah tetapi jangan menambahkan garam serta mentega. Sajikan popcorn dengan segenggam kacang yang diinginkan. Apabila Anda suka manis maka bisa menambahkan kacang yang dibalut lapisan cokelat. Akan tetapi, jangan mengkonsumsi cokelat secara berlebihan.

Nah itulah 11 camilan ibu hamil yang sehat dan enak. Diharapkan uraian di atas tidak membuat ibu hamil ketakutan jika ingin ngemil. Ada banyak pilihan camilan yang bisa dikonsumsi, selain sehat juga bernutrisi.

Tinggalkan komentar